Sabtu, 22 September 2018

PAIKEM. Media Monopoli. Hasil Belajar


KEEFEKTIFAN MODEL PAIKEM BERBANTU MEDIA MONOPOLI
TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI SD N PALEBON 01 SEMARANG
                       
Oleh: Eka Devi Rokmana, Maryadi, Arfilia Wijayanti
Universitas PGRI Semarang

ABSTRAK
EKA DEVI ROKMANA. NPM 14120445, “Keefektifan Model PAIKEM Berbantu Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Harga Diri Pada Siswa Kelas III SD N Palebon 01 Semarang”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SD N Palebon 01 Semarang ditemukan bahwa hasil pembelajaran di sekolah tersebut masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dari nilai ulangan harian siswa masih berada di bawah KKM (70). Peneliti mencoba menerapkan model PAIKEM berbantu media monopoli. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah:  Apakah model PAIKEM berbantu media monopoli efektif terhadap hasil belajar PKn materi harga diri pada siswa kelas III SDN Palebon 01 Semarang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model PAIKEM berbantu media monopoli terhadap hasil belajar PKn materi harga diri siswa kelas III SD N Palebon 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One-Group Pretes-Posttest Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD N Palebon 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil pretest menunjukkan bahwa persentase klasikal pretest (44,44%) sedangkan pada persentase klasikal posttest (88,89%), serta berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (10,119> 1,703).Hasil  nilai posttest dari 27 siswa menjadi 24 siswa yang mendapat nilai tuntas di atas KKM (70), dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil belajar siswa secara keseluruhan mencapai persentase lebih dari 85% yaitu 88,9%.  Kesimpulan bahwa model pembelajaran PAIKEM berbantu media monopoli efektif terhadap hasil belajar siswa.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan saran yang dapat disampaikan adalah agar model pembelajaran PAIKEM berbantu media monopoli dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Kata Kunci: PAIKEM. Media Monopoli. Hasil Belajar




ABSTRACT


EKA DEVI ROKMANA. NPM 14120445, "The Effectiveness of PAIKEM Model Assisted by Monopoly Media on Learning Outcomes of Civics of Self-Esteem In Students of Class III SD N Palebon 01 Semarang", Thesis, Teacher Education Study Program of Elementary School of PGRI University of Semarang. Based on interviews with third grade teacher SD N Palebon 01 Semarang found that the learning outcomes at the school is still low. This is evidenced from the student's daily test score is still below the KKM (70). Researchers tried to apply the model of PAIKEM-assisted monopoly media. The problems studied in this research are: Is the model of PAIKEM assisting the effective monopoly media on the learning outcomes of PKn material of self-esteem in the students of class III SDN Palebon 01 Semarang ?. The purpose of this research is to know the effectiveness of PAIKEM model with monopoly media to the result of learning PKn self-esteem material of third grade students of SD N Palebon 01 Semarang.
The type of this research is experiment using Pre Experimental Design which used is One-Group Pretes-Posttest Design. The study population is all students of SDN Palebon 01 Semarang. The samples taken are 27 students of class III. The data in this research is obtained through documentation, test, and interview.
The pretest result shows that the percentage of classical pretest (44.44%) while on the classical percentage of posttest (88,89%), and based on test result t is known tcount more than t table (10,119> 1,703). Average result of pretest value indicate that from 27 students only 12 students who scored above the KKM (70), and 15 students still scored below the KKM. Then after being treated on learning, the result of posttest value from 27 students to 24 students who got the complete value above KKM (70), and from the completion test of classical learning result of student learning as a whole reaching percentage more than 85% that is 88,9%. The conclusion that the learning model of PAIKEM helps the media to effectively monopolize student learning outcomes.
Based on the results of research conducted suggestions that can be delivered is that PAIKEM learning model help monopoly media can be used as an alternative teacher in teaching.

Keywords: PAIKEM. Media Monopoly. Learning outcomes



PENDAHULUAN
Penelitia dilakukan karena kegiatan belajar mengajar masih menekankan pada pengetahuan dan pemahaman materi. Pendidikan Kewarganegaraan pada materi harga diri  bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar dapat menghargai diri sendiri, menghargai kekurangan dan kelebihan orang lain, serta menghargai orang lain. Pendidikan Kewarganegaraan berperan untuk mendidik dan megembangkan bakat kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan di lingkungannya. Namun pada kenyataannya pada proses pembelajaran di SD Negeri Palebon 01 Semarang kelas III selama ini lebih banyak memberikan latihan mengerjakan soal-soal pada lembar kerja siswa atau buku pegangan siswa, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa masih banyak di bawah KKM. Nilai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran PKn yaitu 70. Dilihat dari hasil ulangan harian kelas III yang belum mencapai KKM sebanyak 40% dari 27 siswa.
Peneliti menemukan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada proses pembelajaran di SDN Palebon 01 Semarang metode yang digunakan adalah metode ceramah. Penggunaan metode ini menimbulkan kebosanan dan siswa tidak tertarik untuk memperhatikan materi, akibatnya kegiatan belajar mengajar di dalam kelas ketika guru menyampaikan permasalahan dan melakukan tanya jawab respon siswa belum terlihat dan masih pasif. Sumber pembelajaran PKn, sebagai media yang tepat dan kreatif diperlukan untuk membantu guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PKn, agar pembelajaran PKn menjadi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan media monopoli. Tujuan pembelajaran PKn dengan menggunakan monopoli  adalah diharapkan agar hasil belajar siswa meningkat.
METODE PENELITIAN
            Penelitian dilaksanakan di SD N Palebon 01 Semarang pada saat semester genap tahun pelajaran 2017/2018, karena materi Harga Diri ada di semester genap. Variabel X merupakan variabel bebas yang dapat mempengaruhi variabel terikat Y. Variabel X pada penelitian adalah model PAIKEM berbantu media monopoli. Sedangkan variabel Y adalah hasil belajar siswa pada pelajaran PKn. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design berupa one-group pretest-posttest design. Di dalam desain ini tes dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen yang disebut pretest dan setelah eksperimen yang disebut posttest.
Penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas III SDN Palebon 01 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Adapun sampel yang akan diambil dari penelitian ini yaitu keseluruhan siswa di kelas III sebanyak 27 siswa. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, dan wawancara. Istrumen penelitian yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil perhitungan uji validitas korelasi product moment dari 40 soal uraian terdapat 26 butir soal yang valid dan 14 butir soal tidak valid. Uji  reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha. Harga ini dikonsultasikan dengan harga  dengan N = 35 pada taraf signifikan  = 5% diperoleh harga . Jadi  rhitung> rtabel yaitu 0,821>0,334. Hal ini menunjukan bahwa soal yang disusun merupakan soal yang reliabel dengan kriteria tinggi. Pada perhitungan taraf kesukaran instrument soal uji coba, soal yang dipakai dalam penelitian adalah 39 soal tergolong soal mudah dan satu soal tergolong soal sedang. Untuk daya pembeda 5 soal tergolong soal baik, 8 soal tergolong soal sedang, dan 27 soal tergolong soal jelek. Berdasarkan hasil analisis uji coba instrument dapat disimpulkan bahwa butir soal yang digunakan sebagai soal pretest dan posttest sebanyak 25 soal. Pengambilan soal tersebut mempertimbangkan validitas, reabilitas, daya pebeda, dan tingkat kesukaran soal.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Keterangan
Pretest
Posttest
Nilai tertinggi
88
100
Nilai terendah
28
60
Rata-rata
67,11
87,85
Siswa tuntas
12
24
Tabel 1. Rekaptulasi Hasil Perhitungan Skor Hasil Belajar PKN Siswa

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Palebon 01 Semarang tahun ajaran 2017/2018 yang dilaksanakan pada semester genap. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang menunjukkan bahwaahwa hasil pembelajaran di sekolah tersebut masih rendah. Selain itu guru dalam menjelaskan materi menggunakan model ceramah dan media yang kurang variatif yaitu dengan media yang ada pada buku BSE, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan yaitu masih berada di bawah KKM (70). Peneliti menerapkan model dan media yang berbeda, dengan harapan ada perubahan hasil belajar yang menigkat dalam penggunaan model dan media tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah PAIKEM berbantu media monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model PAIKEM berbantu media monopoli terhadap hasil belajar siswa materi harga diri kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah 27 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, tes, dan wawancara. Penelitian awal peneliti melakukan uji instrumen untuk melakukan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal di SD Negeri Palebon 01 Semarang pada kelas IV. Setelah dilakukan analisis pengambilan butir soal, peneliti melakukan penelitian di SD Negeri Palebon 01 Semarang. Peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian siswa diberikan perlakuan menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli, kemudian siswa diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan.
Berdasarkan hasil uji tes awal atau pretest menunjukkan bahwa sebagian siswa nilainya belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 70. Pada hasil rata-rata nilai pretest 67,1 terdapat 12 dari 27 siswa atau 55,6% dinyatakan tuntas dan 15 dari 27 atau 44,4% dinyatakan tidak tuntas. Hasil posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan menjadi lebih baik dengan rata-rata nilai 87,85 terdapat 24 dari 27 siswa atau 88,9% siswa tuntas, dan 3 dari 27 siswa atau 11,1% tidak tuntas. Siswa yang tidak tuntas berarti memiliki nilai yang belum mencapai KKM yang ditentukan. Dengan rata-rata nilai posttest tersebut, menunjukkan bahwa model PAIKEM berbantu media monopoli memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar PKn materi harga diri pada siswa kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang. Perbedaan rata-rata nilai menunjukkan adanya perbedaan antara pembelajaran dengan diberikan perlakuan menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli dan tidak diberikan perlakuan menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli.
Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 10,119> 1,703 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dari pengujian ketuntasan belajar individu nilai di atas KKM (70) sebanyak 24 siswa tuntas nilai KKM, dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil belajar siswa secara keseluruhan mencapai persentase lebih dari 85% yaitu 88,9%. Dapat disimpulkan bahwa model PAIKEM berbantu media monopoli efektif terhadap hasil belajar siswa dalam materi harga diri kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang.
Hasil penelitian ini sesuai dengan teori Brunner yang dikenal free discovery learning. Teori Brunner menjelaskan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan sesuatu, seperti menemukan jawaban dan menganalisis informasi. Selain itu hasil penelitian juga relevan dengan konstruksivistik, proses pembentukan berjalan terus menerus dan setiap kali terjadi rekonstruksi karena adanya pemahaman yang baru. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli dikaitkan dengan kehidupan siswa sehari-hari, seperti menghargai teman sebaya. Teori kontruktivistik  membantu siswa dalam memahami materi harga diri. Siswa mampu menemukan jawaban-jawabannya sendiri dan mampu pemecahan masalah secara mandiri. Pembelajaran menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli juga dapat mengoptimalkan belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat.
PENUTUP
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model PAIKEM berbantu media monopoli efektif  terhadap hasil belajar siswa pada materi harga diri kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest analisis uji t diperoleh thitung > ttabel atau 10,119> 1,703 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dari pengujian ketuntasan belajar individu nilai di atas KKM (70) sebanyak 24 siswa tuntas nilai KKM, dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil belajar siswa secara keseluruhan mencapai presentase lebih dari 88,9%. Meningkatnya hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa pemberian model PAIKEM berbantu media monopoli yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata postest yang meningkat.
Berdasarkan kesimpulan di atas maka saran yang bisa dipaparkan dari
penelitian ini yaitu: (1) Model PAIKEM berbantu media monopoli efektif terhadap pembelajaran PKn kelas III, sehingga dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran. Caranya penerapan media monopoli yang berisi soal-soal pada kartu soal monopoli. Hal ini bertujuaan untuk memancing daya ingat siswa tentag materi yang telah disampaikan melalui kartu media monopoli. (2) Pembelajaran PKn dengan model PAIKEM dapat dikolaborasikan dengan media monopoli agar siswa semangat, senang, dan tidak mudah bosan saat mengikuti pembelajaran. (3) Pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli dapat dijadikan guru sebagai inovasi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azizah, Nur dan Julianto. 2012. Penerapan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Surabaya: PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. JPGSD Volume 01 Nomor 02.https://scholar.google.co.id. Di akses pada 16 Agustus 2017.

                                                                                                                                                                                                                                 Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Hadi, Yul Alfian, dkk. 2013. Pengaruh Strategi PAIKEM Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 6 Korleko Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Singaraja: E-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3 Tahun 2013.https://scholar.google.co.id. Di akses pada 16 juni 2017.

Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Musithoh, Ayu. 2017. Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran PKN Melalui Metode PAIKEM pada Siswa Kelas VI SD Negeri 0715 Ujung Batu IV. Padang: Nusantara Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol 1 Januari 2017.https://scholar.google.co.id. Di akses pada 16 Juni 2017.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Graha Indonesia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Fakor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soegeng, A.Y dan Sri Kartika Sinta Dewi.2013. Keefektifan Metode Permainan Monopoli Materi Operasi Hitung Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Negeri 1 Kedungsuren Kendal.Semarang: IKIP PGRI Semarang. Vol 3 Nomor 1 Juli 2013.https://scholar.google.co.id. Di akses 16 Agustus 2017.

Soegeng. 2016. Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syarbaini, Syahrial. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang RI  No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional.

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar