KEEFEKTIFAN
MODEL PAIKEM BERBANTU MEDIA MONOPOLI
TERHADAP
HASIL BELAJAR PKN DI SD N PALEBON 01 SEMARANG
Oleh:
Eka Devi Rokmana, Maryadi, Arfilia Wijayanti
Universitas
PGRI Semarang
e-mail:
Ekadevirokmana@yahoo.com
ABSTRAK
EKA
DEVI ROKMANA. NPM 14120445, “Keefektifan Model PAIKEM Berbantu Media Monopoli
Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Harga Diri Pada Siswa Kelas III SD N Palebon
01 Semarang”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas
PGRI Semarang. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SD N Palebon 01
Semarang ditemukan bahwa hasil pembelajaran di sekolah tersebut masih rendah.
Hal tersebut dibuktikan dari nilai ulangan harian siswa masih berada di bawah
KKM (70). Peneliti mencoba menerapkan model PAIKEM berbantu media monopoli.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah model PAIKEM berbantu media monopoli
efektif terhadap hasil belajar PKn materi harga diri pada siswa kelas III SDN
Palebon 01 Semarang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
keefektifan model PAIKEM berbantu media monopoli terhadap hasil belajar PKn
materi harga diri siswa kelas III SD N Palebon 01 Semarang. Jenis penelitian
ini adalah eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah
One-Group Pretes-Posttest Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD N
Palebon 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas III. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil pretest
menunjukkan bahwa persentase klasikal pretest (44,44%) sedangkan pada
persentase klasikal posttest (88,89%), serta berdasarkan hasil uji t diketahui
thitung lebih dari ttabel (10,119> 1,703).Hasil nilai posttest dari 27 siswa menjadi 24 siswa
yang mendapat nilai tuntas di atas KKM (70), dan dari pengujian ketuntasan
belajar klasikal hasil belajar siswa secara keseluruhan mencapai persentase
lebih dari 85% yaitu 88,9%. Kesimpulan
bahwa model pembelajaran PAIKEM berbantu media monopoli efektif terhadap hasil
belajar siswa. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan saran yang dapat disampaikan adalah agar model
pembelajaran PAIKEM berbantu media monopoli dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.
Kata
Kunci: PAIKEM. Media Monopoli. Hasil Belajar
ABSTRACT
EKA DEVI ROKMANA. NPM 14120445,
"The Effectiveness of PAIKEM Model Assisted by Monopoly Media on Learning
Outcomes of Civics of Self-Esteem In Students of Class III SD N Palebon 01
Semarang", Thesis, Teacher Education Study Program of Elementary School of
PGRI University of Semarang. Based on interviews with third grade teacher SD N
Palebon 01 Semarang found that the learning outcomes at the school is still
low. This is evidenced from the student's daily test score is still below the
KKM (70). Researchers tried to apply the model of PAIKEM-assisted monopoly
media. The problems studied in this research are: Is the model of PAIKEM
assisting the effective monopoly media on the learning outcomes of PKn material
of self-esteem in the students of class III SDN Palebon 01 Semarang ?. The
purpose of this research is to know the effectiveness of PAIKEM model with
monopoly media to the result of learning PKn self-esteem material of third
grade students of SD N Palebon 01 Semarang.
The type of this research is experiment
using Pre Experimental Design which used is One-Group Pretes-Posttest Design.
The study population is all students of SDN Palebon 01 Semarang. The samples
taken are 27 students of class III. The data in this research is obtained
through documentation, test, and interview.
The pretest result shows that the
percentage of classical pretest (44.44%) while on the classical percentage of
posttest (88,89%), and based on test result t is known tcount more than t table
(10,119> 1,703). Average result of pretest value indicate that from 27
students only 12 students who scored above the KKM (70), and 15 students still
scored below the KKM. Then after being treated on learning, the result of
posttest value from 27 students to 24 students who got the complete value above
KKM (70), and from the completion test of classical learning result of student
learning as a whole reaching percentage more than 85% that is 88,9%. The
conclusion that the learning model of PAIKEM helps the media to effectively
monopolize student learning outcomes.
Based on the results of research
conducted suggestions that can be delivered is that PAIKEM learning model help
monopoly media can be used as an alternative teacher in teaching.
Keywords: PAIKEM. Media Monopoly.
Learning outcomes
PENDAHULUAN
Penelitia
dilakukan karena kegiatan belajar mengajar masih menekankan pada pengetahuan
dan pemahaman materi. Pendidikan Kewarganegaraan pada materi harga diri bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta
didik agar dapat menghargai diri sendiri, menghargai kekurangan dan kelebihan
orang lain, serta menghargai orang lain. Pendidikan Kewarganegaraan berperan
untuk mendidik dan megembangkan bakat kemampuan dasar kepada siswa untuk
mengembangkan diri sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan di lingkungannya.
Namun pada kenyataannya pada proses pembelajaran di SD Negeri Palebon 01
Semarang kelas III selama ini lebih banyak memberikan latihan mengerjakan
soal-soal pada lembar kerja siswa atau buku pegangan siswa, sehingga berdampak
pada hasil belajar siswa masih banyak di bawah KKM. Nilai kriteria ketuntasan
minimal pada mata pelajaran PKn yaitu 70. Dilihat dari hasil ulangan harian
kelas III yang belum mencapai KKM sebanyak 40% dari 27 siswa.
Peneliti
menemukan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada proses pembelajaran di
SDN Palebon 01 Semarang metode yang digunakan adalah metode ceramah. Penggunaan
metode ini menimbulkan kebosanan dan siswa tidak tertarik untuk memperhatikan
materi, akibatnya kegiatan belajar mengajar di dalam kelas ketika guru
menyampaikan permasalahan dan melakukan tanya jawab respon siswa belum terlihat
dan masih pasif. Sumber pembelajaran PKn, sebagai media yang tepat dan kreatif
diperlukan untuk membantu guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap
materi PKn, agar pembelajaran PKn menjadi pembelajaran yang aktif dan
menyenangkan salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan media monopoli.
Tujuan pembelajaran PKn dengan menggunakan monopoli adalah diharapkan agar hasil belajar siswa
meningkat.
METODE
PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di SD N
Palebon 01 Semarang pada saat semester genap tahun pelajaran 2017/2018, karena
materi Harga Diri ada di semester genap. Variabel X merupakan variabel bebas
yang dapat mempengaruhi variabel terikat Y. Variabel X pada penelitian adalah
model PAIKEM berbantu media monopoli. Sedangkan variabel Y adalah hasil belajar
siswa pada pelajaran PKn. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design berupa one-group pretest-posttest design. Di
dalam desain ini tes dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen yang
disebut pretest dan setelah
eksperimen yang disebut posttest.
Penelitian
ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas III SDN Palebon 01 Semarang tahun
ajaran 2017/2018. Adapun sampel yang akan diambil dari penelitian ini yaitu
keseluruhan siswa di kelas III sebanyak 27 siswa. Teknik sampling yang
digunakan peneliti adalah nonprobability
sampling jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dokumentasi, tes, dan wawancara. Istrumen penelitian yang
digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya
pembeda. Hasil
perhitungan uji validitas korelasi product
moment dari 40 soal uraian terdapat 26 butir soal yang valid dan 14 butir
soal tidak valid. Uji
reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha.
Harga ini dikonsultasikan dengan harga dengan N = 35 pada
taraf signifikan = 5% diperoleh harga . Jadi rhitung>
rtabel yaitu 0,821>0,334. Hal ini menunjukan bahwa soal yang
disusun merupakan soal yang reliabel dengan kriteria tinggi. Pada perhitungan taraf kesukaran
instrument soal uji coba, soal yang dipakai dalam penelitian adalah 39 soal
tergolong soal mudah dan satu soal tergolong soal sedang. Untuk
daya pembeda 5 soal tergolong soal baik, 8 soal tergolong soal sedang, dan 27
soal tergolong soal jelek. Berdasarkan hasil analisis uji coba instrument dapat
disimpulkan bahwa butir soal yang digunakan sebagai soal pretest dan posttest
sebanyak 25 soal. Pengambilan soal tersebut mempertimbangkan validitas,
reabilitas, daya pebeda, dan tingkat kesukaran soal.
HASIL
DAN PEMBAHASAN
Keterangan
|
Pretest
|
Posttest
|
Nilai
tertinggi
|
88
|
100
|
Nilai
terendah
|
28
|
60
|
Rata-rata
|
67,11
|
87,85
|
Siswa
tuntas
|
12
|
24
|
Tabel 1. Rekaptulasi Hasil
Perhitungan Skor Hasil Belajar PKN Siswa
Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri Palebon 01 Semarang tahun ajaran 2017/2018 yang
dilaksanakan pada semester genap. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III
SD Negeri Palebon 01 Semarang menunjukkan bahwaahwa hasil pembelajaran di
sekolah tersebut masih rendah. Selain itu guru dalam menjelaskan materi
menggunakan model ceramah dan media yang kurang variatif yaitu dengan media
yang ada pada buku BSE, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan yaitu
masih berada di bawah KKM (70). Peneliti menerapkan model dan media yang
berbeda, dengan harapan ada perubahan hasil belajar yang menigkat dalam
penggunaan model dan media tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian ini
adalah PAIKEM berbantu media monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keefektifan model PAIKEM berbantu media monopoli terhadap hasil
belajar siswa materi harga diri kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang.
Jenis penelitian
ini adalah eksperimen menggunakan Pre
Experimental Design yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang. Sampel yang diambil
adalah 27 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, tes,
dan wawancara. Penelitian awal peneliti melakukan uji instrumen untuk melakukan
validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal di SD Negeri
Palebon 01 Semarang pada kelas IV. Setelah dilakukan analisis pengambilan butir
soal, peneliti melakukan penelitian di SD Negeri Palebon 01 Semarang. Peneliti
melakukan pretest untuk mengetahui
kemampuan awal siswa, kemudian siswa diberikan perlakuan menggunakan model
PAIKEM berbantu media monopoli, kemudian siswa diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan
perlakuan.
Berdasarkan
hasil uji tes awal atau pretest menunjukkan bahwa sebagian siswa
nilainya belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 70. Pada hasil
rata-rata nilai pretest 67,1
terdapat 12 dari 27 siswa atau 55,6% dinyatakan tuntas dan 15 dari 27 atau
44,4% dinyatakan tidak tuntas. Hasil
posttest menunjukkan bahwa nilai
rata-rata setelah diberikan perlakuan menjadi lebih baik dengan rata-rata nilai
87,85 terdapat 24 dari 27 siswa atau 88,9% siswa tuntas, dan 3 dari 27 siswa
atau 11,1% tidak tuntas. Siswa yang tidak tuntas berarti memiliki nilai yang
belum mencapai KKM yang ditentukan. Dengan rata-rata nilai posttest tersebut, menunjukkan bahwa model PAIKEM berbantu media
monopoli memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar PKn materi harga
diri pada siswa kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang. Perbedaan rata-rata
nilai menunjukkan adanya perbedaan antara pembelajaran dengan diberikan
perlakuan menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli dan tidak diberikan
perlakuan menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli.
Berdasarkan uji
t diperoleh thitung > ttabel atau 10,119> 1,703
sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dari pengujian
ketuntasan belajar individu nilai di atas KKM (70) sebanyak 24 siswa tuntas
nilai KKM, dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil
belajar siswa secara keseluruhan mencapai persentase lebih dari 85% yaitu
88,9%. Dapat disimpulkan bahwa model
PAIKEM berbantu media monopoli efektif terhadap hasil belajar siswa dalam
materi harga diri kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang.
Hasil penelitian
ini sesuai dengan teori Brunner
yang dikenal free discovery learning.
Teori Brunner menjelaskan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan
kreatif jika guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan sesuatu,
seperti menemukan jawaban dan menganalisis informasi. Selain itu hasil
penelitian juga relevan dengan
konstruksivistik, proses pembentukan berjalan terus menerus dan setiap kali
terjadi rekonstruksi karena adanya pemahaman yang baru. Pada pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli dikaitkan
dengan kehidupan siswa sehari-hari, seperti menghargai teman sebaya. Teori
kontruktivistik membantu siswa dalam
memahami materi harga diri. Siswa mampu menemukan jawaban-jawabannya sendiri dan mampu
pemecahan masalah secara mandiri. Pembelajaran
menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli juga dapat mengoptimalkan
belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Berdasarkan
uraian di atas, disimpulkan bahwa model PAIKEM berbantu media monopoli dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi yang diberikan guru dan
dapat membantu siswa menemukan jawaban-jawabannya sendiri mengenai materi harga
diri .
PENUTUP
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa model PAIKEM berbantu media monopoli efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi harga diri kelas
III SD Negeri Palebon 01 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest analisis uji t diperoleh thitung > ttabel
atau 10,119> 1,703 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima,
dari pengujian ketuntasan belajar individu nilai di atas KKM (70) sebanyak 24
siswa tuntas nilai KKM, dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil
belajar siswa secara keseluruhan mencapai presentase lebih dari 88,9%. Meningkatnya hasil
belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa pemberian model PAIKEM berbantu media
monopoli yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata postest yang meningkat.
Berdasarkan
kesimpulan di atas maka saran yang bisa dipaparkan dari
penelitian ini yaitu:
(1) Model PAIKEM berbantu media monopoli efektif terhadap pembelajaran PKn
kelas III, sehingga dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran. Caranya penerapan
media monopoli yang berisi soal-soal pada kartu soal monopoli. Hal ini
bertujuaan untuk memancing daya ingat siswa tentag materi yang telah
disampaikan melalui kartu media monopoli. (2) Pembelajaran PKn dengan model
PAIKEM dapat dikolaborasikan dengan media monopoli agar siswa semangat, senang,
dan tidak mudah bosan saat mengikuti pembelajaran. (3) Pembelajaran dengan
menggunakan model PAIKEM berbantu media monopoli dapat dijadikan guru sebagai
inovasi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,
Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Azizah,
Nur dan Julianto. 2012. Penerapan Media
Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di
Sekolah Dasar. Surabaya: PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. JPGSD Volume
01 Nomor 02.https://scholar.google.co.id.
Di akses pada 16 Agustus 2017.
Djamarah,
Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman,
Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar
dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Hadi,
Yul Alfian, dkk. 2013. Pengaruh Strategi PAIKEM Berbantuan Media Gambar
Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 6 Korleko Kecamatan Labuhan Haji
Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Singaraja: E-jurnal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3 Tahun 2013.https://scholar.google.co.id. Di akses
pada 16 juni 2017.
Iru,
La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis
Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran.
Yogyakarta: Multi Presindo.
Kustandi,
Cecep dan Bambang Sutjipto. 2016. Media
Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Musithoh,
Ayu. 2017. Meningkatkan Minat Siswa
Terhadap Mata Pelajaran PKN Melalui Metode PAIKEM pada Siswa Kelas VI SD Negeri
0715 Ujung Batu IV. Padang: Nusantara Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol 1
Januari 2017.https://scholar.google.co.id.
Di akses pada 16 Juni 2017.
Siregar, Eveline dan Hartini
Nara.2014. Teori Belajar dan Pembelajaran.
Bogor: Graha Indonesia.
Slameto.
2013. Belajar dan Faktor-Fakor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng,
A.Y dan Sri Kartika Sinta Dewi.2013. Keefektifan
Metode Permainan Monopoli Materi Operasi Hitung Terhadap Minat dan Hasil
Belajar Siswa Kelas I SD Negeri 1 Kedungsuren Kendal.Semarang: IKIP PGRI
Semarang. Vol 3 Nomor 1 Juli 2013.https://scholar.google.co.id.
Di akses 16 Agustus 2017.
Soegeng. 2016. Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sudjana,
Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono.
2016. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Suprijono,
Agus. 2014. Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syarbaini,
Syahrial. 2014. Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Trianto.2009. Mendesain
Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang RI No.
20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional.
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar