RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 01 Pintar
Kelas/
Semester : VI/1 (Satu)
Tema : Bangun Ruang
Subtema
:
Prisma, Limas, Tabung, Kerucut,
dan
Bola
Pembelajaran
ke : 1
Muatan
terpadu : Matematika
Alokasi
Waktu : 2x35 menit
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
KI
1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan pencarian informasi, siswa dapat menyebutkan pengertian bangun ruang.
2. Melalui kegiatan Tanya jawab, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis
bangun ruang.
3. Melalui kegiatan bertanya jawab,
siswa dapat menjelaskan pengertian bangun ruang (prisma,
limas, tabung, kerucut, dan bola).
4. Melalui kegiatan menyimak, siswa dapat menentukan sifat-sifat
bangun ruang (prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola).
5. Melalui
kegiatan bertanya
jawab, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di
lingkungan sekitarnya dengan benar.
6. Melalui
kegiatan diskusi,
siswa dapat membuat bangun
ruang (prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola) menggunakan jarring-jaring.
C. KOMPETENSI DASAR (KD) dan INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Membandingkan prisma, limas,
tabung, kerucut,
dan bola.
|
3.6.1
Menyebutkan pengertian
bangun ruang.
3.6.2
Menjelaskan jenis-jenis bangun ruang
3.6.3
Menjelaskan pengertian prisma, limas,
tabung. Kerucut, dan balok.
3.6.4
Menentukan sifat-sifat prisma, limas,
tabung, kerucut, dan bola.
3.6.5
Menyebutkan
contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar.
|
4.6 Mengidentifikasi
prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
|
4.6.1
Membuat
jarring-jaring prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
|
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Matematika: bangun ruang (prisma, limas, tabung,
kerucut, dan bola)
Karakter siswa yang
diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Gambar prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
2. Alat peraga prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
F.
MODEL,
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Model : Discovery Learning
2.
Pendekatan : Saintifik
3.
Metode : Demonstrasi, diskusi, tanya jawab,
ceramah,
dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa mejawab salam dari guru dan melakukan
kegiatan berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing sebelum
pembelajaran dimulai yang dipimpin oleh ketua kelas. (religius)
2.
Siswa
menyiapkan diri dengan merapikan pakaian, posisi dan tempat duduk yang
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. (mandiri)
3.
Siswa
memperhatikan saat guru mempresensi kehadiran siswa
4.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
tujuan dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
5.
Siswa menyimak arahan guru tentang
pentingnya sikap syukur, santun, percaya diri, dan disiplin. (religius)
6.
Siswa
diberi motivasi dan apersepsi oleh guru dengan mengajukan pertanyaan kepada
siswa.
a)
Tadi
pagi siapa yang srapan dan minum, jika minum menggunakan gelas. Gelas
berbentuk apa ?
b)
Sesampainya
di sekolah masuk kelas dan ruang kelas mempunyai atap. Siapa
yang tau atap kelas ini
berbentuk apa ?
7.
Siswa
memperhatikan guru pada saat guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
8.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai bangun ruang dengan bertanya mengenai benda-benda yang ada di
kelas yang sedang mereka tempati. (simulasi)
9.
Setelah itu, guru memperlihatkan
kerangka bangun ruang, guru bertanya kepada siswa nama-nama bangun ruang
tersebut.
Menanya
10. Setelah
memperlihatkan bangun-bangun ruang, guru bertanya kepada siswa tentang contoh
nyata bentuk bangun ruang yang ada di sekitar “bagaimana bentuk atap dikelas
?, “ada berapa sisi dan rusuknya ?”, “ada yang tau nama bangun ruang dari
bentuk atap tersebut apa?”. (pemberian masalah)
11.
Siswa berdiskusi untuk menjawab
pertanyaan dari guru.
12.
Beberapa siswa ditunjuk guru
untuk menjawab pertanyaan.
13.
Guru memberikan penjelasan
tentang pertanyaan
yang telah diajukan kepada siswa.
14.
Guru mengulas kembali pelajaran
sebelumnya.
15.
Guru bertanya jawab dengan siswa
cara tentang materi
yang akan disampaikan.
16.
Guru menjelaskan pengertian bangun ruang.
17.
Siswa mengulangi pernyataan tentang pengertian bangun ruang.
18.
Guru menunjukkan gambar yang berisi prisma, limas, kerucut, bola, dan
tabung.
19.
Guru menjelaskan pengertian dari masing-masing bangun ruang (limas,
prisma, tabung, kerucut, dan bola).
20.
Siswa mengulang kembali pengertian dari
Mencoba
21.
Guru mengajak siswa untuk menyebutkan jenis-jenis bangun ruang dan
sifat-sifatnya.
22.
Guru menunjukkan media/alat peraga prisma, limas, tabung, kerucut, dan
bola.
23.
Guru menjelaskan contoh-contoh
benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar.
24.
Guru mendemonstrasikan kepada siswa tentang struktur yang
membentuk bangun ruang tersebut ada sisi, rusuk, dan sudut.
25.
Guru menginsturksikan
siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa.
26.
Guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk
megidentifikasi sifat-sifat bangun-bangun ruang yang tertera pada lembar
kerja siswa.
27.
Guru menginstruksikan kepada siswa
untuk mengisi lembar kerja.
28.
Guru memberikan waktu kepada siswa
untuk berdiskusi mengenai bangun ruang. Selama kegiatan berdiskusi guru
memberikan bimbingan dan memfasilitasi kegiatan diskusi siswa
29.
Setelah selesai, guru
menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil
kerjanya.
30.
Guru menggunakan kerangka bangun
ruang untuk membuktikan hasil kerja dari setiap kelompok
31.
Guru memberikan tanggapan positif
tentang penampilan setiap kelompok tersebut
32.
Guru menginstruksikan siswa untuk
kembali duduk ke tempatnya masing-masing
33.
Guru bertanya kepada siswa tentang
pemahamanya mengenai materi yang telah dipelajari
34.
Guru memberikan lembar evaluasi
dari kegiatan yang telah dilakukan
Menalar
35.
Siswa melakukan percobaan
pengamatan media/alat
peraga prisma, limas,
tabung, kerucut, dan balok yang telah disediakan guru secara
bergantian (verifikasi)
36.
Siswa bersama anggota kelompoknya
berdiskusi hasil pengamatannya.
37.
Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat jaring-jaring bangun
ruang. Setiap kelompok mendapatkan 1 bentuk bangun ruang.
38.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat jarring-jaring berdasarkan
percobaan pengamatan media bangun ruang.
Mengkomunikasikan
39.
Guru meminta setiap kelompok maju untuk memresentasikan hasil bangun
ruang dari jarring-jaring.
|
180
menit
|
Penutup
|
40. Siswa bersama guru bertanya jawab
mengenai pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini.
41. Siswa merefleksikan diri dari
materi pelajaran hari ini.
42. Bersama
siswa, guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Termasuk menekankan sikap
syukur, santun percaya diri, dan disiplin.
43. Guru menyampaikan materi
yang akan disampaikan di pertemuan selanjutnya.
44. Siswa bersama dengan guru
mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
|
15 menit
|
H.
SUMBER BELAJAR
1. Buku pedoman Guru kelas tema: Globalisasi kelas VI
(buku tematik terpadu kurikulum 2013 revisi 2018, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Buku pedoman Siswa kelas tema: Globalisasi kelas VI
(buku tematik terpadu kurikulum 2013 revisi 2018, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3. Gambar prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
(sumber: google.com)
I. PENILAIAN
1. Lampiran penilaian sikap
No.
|
Nama siswa
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||||||||||||||
|
|
Rasa ingin tahu
|
Jujur
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
Tanggung
Jawab
|
|||||||||||||||
|
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : K :
Kurang
C :
Cukup
B : Baik
SB :
Sangat Baik
2.
Penilaian
kognitif
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
3.6.1
Menyebutkan pengertian bangun ruang.
3.6.2
Menjelaskan jenis-jenis bangun ruang.
3.6.3
Menjelaskan pengertian prisma, limas,
tabung. Kerucut, dan balok.
3.6.4
Menentukan sifat-sifat prisma, limas,
tabung, kerucut, dan bola.
3.6.5
Menyebutkan
contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan pengertian bangun ruang!
Jawaban:
bangun ruang adalah bangun matematika yang mempunyai isi dan volume.
2. Sebutkan jenis-jenis bangun ruang
yang kamu ketahui! (minimal 3)
Jawab:
Limas, kerucut, prisma, bola, tabung
3.
Jelaskan pengertian prisma dan
tabung!
Jawab: prisma
(bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup). Tabung (bangun
ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran .
4.
Sebutkan sifat-fifat limas dan
bola!
Jawab:
limas (memiliki
8 rusuk, memiliki
5 sisi, memiliki 5 titik sudut, memiliki titik puncak yang
merupakan pertemuan beberapa
buah segitiga, alasnya
berupa segiempat). Bola (memiliki satu sisi, tidak memiliki rusuk,
titik O dinamkan titik pusat, tidak mempunyai sudut).
5.
Sebutkan conto benda bentuk bangun
ruang (limas, prisma, tabung, kerucut, dan bola) di lingkungan sekitar!
Jawab:
limas (piramida dan atap masjid), prisma (tenda dan atap rumah), tabung
(kaleng dan celengan), kerucut (topi ulangtahun dam terompet), bola (bola
basket dan bola olahraga lainnya)
|
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
3. Penilaian Psikomotor
Tingkat
|
Kriteria
|
4
|
Jawaban
menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri: Semua jawaban benar, sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan
konsep yang berhubungan dengan tugas ini
|
3
|
Jawaban
menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri: Semua jawaban benar, tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada
satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
|
2
|
Jawaban
menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan
tugas ini. Ciri-ciri: Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan
ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan
|
1
|
Jawaban hanya
menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan yang berhubungan
dengan masalah ini. Ciri-ciri: Semua jawaban salah atau jawaban benar tetapi
tidak diperoleh melalui prosedur yang benar
|
0
|
Tidak ada
jawaban dan lembar kerja kosong
|
Semarang, ………
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD… Guru Kelas
Eka Devi Rokmana
NIP : NIM. 31513518131
Evaluasi
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Materi
Pokok : Bangun Ruang (Limas,
Prisma, Kerucut, Tabung, Bola)
Nama :
Kelas :
Latihan!
Sebutkan
jenis-jenis bangun ruang yang kamu ketahui! (minimal 3)
2.
Tentukan jumlah sisi, rusuk dan sudut prisma
segi lima!
3. Sebutkan contoh bentuk bangun ruang yang
ada di sekitar mu!
Kunci
Jawaban!
1.
Kerucut, tabung, prisma tegak segiempat, prisma tegak segitiga, limas segiempat.
2.
Jumlah sisi = 5, Jumlah rusuk = 8, Jumlah sudut = 5
4.
Lemari, botol, bola, atap rumah, kotak tisu dll.
BAHAN AJAR BAGUN RUANG
A.
Prisma
Sifat-sifat prisma tegak segitiga:
a.
Memiliki 5 buah
bidang sisi, 2 buah sisi berbentuk segitiga dan 3 buah sisi berbentuk segi
empat.
b.
Mempunyai 9
rusuk.
c.
Mempunyai 6 titik
sudut.
d.
Jaring-jaring
prisma segitiga berupa 2 segitiga, dan 3 persegi panjang.
B.
Limas
Limas adalah bangun ruang yang mempunyai bidang
alas segi banyak dan dari bidang alas tersebut dibentuk suatu sisi berbentuk
segitiga yang akan bertemu pada satu titik.
Karakteristik limas
Karakteristik limas
1. Limas Segitiga.
Sifat-sifat limas
segitiga
a.
Mempunyai alas
berbentuk segitiga.
b.
Mempunyai 4 bidang
sisi yang seluruhnya berbentuk segitiga yaitu satu buah alas dan tiga sisi
tegak.
c.
Mempunyai 6 buah
rusuk.
d.
Mempunyai 4 buah
titik sudut.
2. Limas
a.
Segi empat
a.
Mempunyai alas
berbentuk segitga.
b.
Mempunyai 4 buah bidang sisi.
c.
Mempunyai 6 buah rusuk.
d.
Mempunyai 4 titik sudut.
b.
Segi empat
Sifat-sifat limas segi
empat
e.
Mempunyai alas
berbentuk segiempat atau persegi.
f.
Mempunyai 5 buah
bidang sisi.
g.
Mempunyai 8
buah rusuk.
h.
Mempunyai 5 titik
sudut.
c.
Limas Segi
lima.
Sifat-sifat limas
segi lima
a.
Mempunyai alas
berbentuk segi lima.
b.
Mempunyai 6 bidang
sisi.
c.
Mempunyai 10 buah
rusuk.
d.
Mempunyai 6 buah
titik sudut.
d.
Limas Segi
enam
Sifat-sifat limas
segi enam
a.
Mempunyai alas
berbentuk segi enam
b.
Mempunyai 7 bidang
sisi.
c.
Mempunyai 12 buah
rusuk.
d.
Mempunyai 7 buah
titik sudut.
C.
Tabung
Sifat-sifat tabung
a.
Mempunyai alas dan
tutup berbentuk lingkaran.
b.
Bidang tegak tabung
berupa lengkungan yang disebut selimut tabung.
c.
Jarak antara
lingkaran alas dan lingkaran tutup disebut tinggi tabung.
d.
Jaring-jaring
tabung berupa 2 buah lingkaran dan 1 persegi panjang.
D.
Kerucut
Sifat-sifat kerucut
a.
Mempunyai 2 buah
bidang sisi yaitu 1 sisi alas berbentuk lingkaran dan 1 sisi berbentuk
lengkung.
b.
Tidak mempunyai
rusuk namun mempunyai sisi berbentuk lengkung yang disebut selimut
kerucut.
c.
Mempunyai 1 titik
sudut.
d.
Jaring-jaring
kerucut terdiri dari lingkaran dan segi tiga.
E.
Bola
Sifat-sifat bola
a.
Tidak mempunyai
sudut dan juga rusuk.
b.
Hanya mempunyai
satu buah bidang yang disebut dinding bola dan 1 titik pusat.
c.
Jarak dinding ke
titik pusat bola disebut jari-jari.
d. Jarak dinding ke dinding dan melewati titik pusat disebut diameter.
PENYUSUSNAN
SOAL HOTS
A. Level Kognitif 1
Kompetensi Dasar : 3.6 Membandingkan
prisma, limas, tabung, kerucut,
dan bola.
Materi : Bangun ruang prisma,
limas, tabung, kerucut, dan bola
Kelas/Semester : VI/1
Indikator Soal : Menyebutkan pengertian bangun ruang
Level Kognitif : 1 (mengetahui C1)
Soal : Jelaskan pengertian dari prisma, limas,
tabung, kerucut, dan bola berdasarkan
diskripsi bangun tersebut!
Kunci : -
prisma: bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang
mempunyai ukuran panjang dan lebar
- limas: bangun yang dibatasi
oleh sisi yang berbentuk segitiga
- kerucut : bangun yang dibatasi
oleh alas yang berbentuk lingkaran dan selimut yang berbentuk lengkung
- tabung:
bangun yang dibatasi oleh sisi lengkung dan buah lingkaran
- bola:
bangun yang dibatasi oleh sisi lengkung
Skor : 5 (benar semua), 4 (salah satu), 3
(salah dua), 2 (salah 3), 1 (salah 4), 0 (salah semua)
Penjelasan:
Soal
tersebut termasuk level kognitif 1 (mengetahui-C1) karena mengukur pengetahuan
yang relevan dari ingatan.
Soal
Pilihan Ganda : Bangun
ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung. Dari pernyataan tersebut
merupakan pengertian dari bangun ruang....
A. Bola
B. Tabung
C. Kerucut
D. Limas
Kunci
Jawaban : A
Penjelasan :
bola
adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung
Skor : 1 (benar), 0
(salah)
B.
Level Kognitif 2
Kompetensi Dasar : 3.6 Membandingkan
prisma, limas, tabung, kerucut,
dan bola.
Materi : Bangun ruang prisma,
limas, tabung, kerucut, dan bola
Kelas/Semester : VI/1
Indikator
Soal : Menjelaskan
jenis-jenis bangun ruang
Level Kognitif : 2 (memahami C2)
Soal : Bagun ruang limas, prisma, kerucut,
tabung, dab bola. Sebutkan perbedaan dari bangun ruang tersebut!
Kunci :
- limas mempunyai bidang alas segi banyak dan dari bidang alas tersebut dibentuk suatu sisi
berbentuk segitiga yang akan bertemu pada satu titik. Macam-macam limas
ada limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, limas segi enam.
- Kerucut mempunyai karakteristik seperti topi
yang mempunyai alas lingkaran dan satu bidang sisi biasa disebut seimut
kerucut.
- Prisma mempunyai karakteristik seperti atap
rumah. dimana ada 2 segitiga bagian ujung dan segi empat bagian bawah dan sisi
depan-belakang.
- Bola
berbentuk bulat tetapi mempunyai sifat 3 dimensi
- Tabung
mempunyai 2 lingkaran dan 1 sisi yang biasa disebut selimut tabung. Berdasarkan
ciri-cirinya hampir sama dengan kerucut tetapi keucut mempunyai 1 lingkaran dan
satu titik, dan tabung tidak mempunyai titik.
Skor : 5 (benar semua), 4 (salah satu), 3 (salah dua), 2 (salah 3), 1
(salah 4), 0 (salah semua)
Penjelasan: Soal
tersebut termasuk level kognitif 2 (mengetahui-C2) karena untuk memahami dan
menjelaskan pegetahuan yang relevan dari ingatan dan terjadi di lingkungan
sekitar.
Soal Pilihan Ganda : Berikut
adalah macam-macam bangun ruang yaitu....
A. Bola, tabung, dan segitiga
B. Tabung, limas, dan lingkaran
C. Kerucut, balok, dan prisma
D. Limas, bola, dan prisma
Kunci
Jawaban : D
Penjelasan : macam-macam
bangun ruang yaitu bola, kerucut, limas, tabung, prisma, balok, kubus
Skor :
1 (benar), 0 (salah)
C. Level Kognitif 3
Kompetensi Dasar : 3.6 Membandingkan
prisma, limas, tabung, kerucut,
dan bola.
Materi : Bangun ruang prisma,
limas, tabung, kerucut, dan bola
Kelas/Semester : VI/1
Indikator
Soal : Menjelaskan
jenis-jenis bangun ruang
Level Kognitif : 2 (memahami C2)
Soal : Bagun ruang limas, prisma, kerucut,
tabung, dab bola. Sebutkan perbedaan dari bangun ruang tersebut!
Kunci :
- limas mempunyai bidang alas segi banyak dan dari bidang alas tersebut dibentuk suatu sisi
berbentuk segitiga yang akan bertemu pada satu titik. Macam-macam limas
ada limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, limas segi enam.
- Kerucut mempunyai karakteristik seperti topi
yang mempunyai alas lingkaran dan satu bidang sisi biasa disebut seimut
kerucut.
- Prisma mempunyai karakteristik seperti atap
rumah. dimana ada 2 segitiga bagian ujung dan segi empat bagian bawah dan sisi
depan-belakang.
- Bola
berbentuk bulat tetapi mempunyai sifat 3 dimensi
- Tabung
mempunyai 2 lingkaran dan 1 sisi yang biasa disebut selimut tabung. Berdasarkan
ciri-cirinya hampir sama dengan kerucut tetapi keucut mempunyai 1 lingkaran dan
satu titik, dan tabung tidak mempunyai titik.
Skor : 5 (benar semua), 4
(salah satu), 3 (salah dua), 2 (salah 3), 1 (salah 4), 0 (salah semua)
Penjelasan:
Soal tersebut termasuk level
kognitif 2 (mengetahui-C2) karena untuk memahami dan menjelaskan pegetahuan
yang relevan dari ingatan dan terjadi di lingkungan sekitar.
Soal Pilihan Ganda : Bangun prisma segitiga
adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ....
A. 2 segitiga dan 3 persegi panjang
A. 2 segitiga dan 3 persegi panjang
B. 2 Persegi dan 3 persegi panjang
C. 1 lingkaran dan 3 segitiga
D. 3 persegi panjang dan 1 lingkaran
Kunci
Jawaban : A
Penjelasan : prisma
segitiga terbentuk dari 2 segitiga dan 3 persegi panjang
Skor : 1 (benar), 0
(salah)
D. Level Kognitif 4
Kompetensi Dasar : 3.6 Membandingkan
prisma, limas, tabung, kerucut,
dan bola.
Materi :
Bangun ruang prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
Kelas/Semester : VI/1
Indikator
Soal : Menentukan sifat-sifat
prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
Level Kognitif : 3 (mengaplikasikan C3)
Soal Uraian :
Perhatikan sifat-sifat bangun ruang berikut: mempunyai 2 buah
bidang sisi yaitu 1 sisi alas berbentuk lingkaran dan 1 sisi berbentuk lengkung, idak mempunyai rusuk namun mempunyai sisi berbentuk lengkung yang
disebut selimut kerucut. Pada penjelasan sifat tersebut merupakan bentuk bangun ruang
apa dan contoh benda yang ada dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan sifat
tersebut.
Kunci :
bentuk bangun ruang kerucut dan contohnya topi ulang tahun, cup es krim,
tumpeng
Penjelasan : Soal tersebut termasuk level kognitif 3 (mengaplikasikan-C3)
untuk menjalankan atau
mengimplementasikan pengetahuan yang relevan dari ingatan.
Skor : 1 (benar), 0 (salah)
Soal
Pilihan Ganda : Berikut
adalah sifat-sifat bangun ruang:
i. Memiliki 6 sisi berbentuk segiempat,
ii. Memiliki titik puncak atas
iii. Memiliki 6 sisi yang sama atau kongruen
iv. Memiliki
sisi alas dan tutup berbentuk lingkaran Memiliki sisi
v.
Memiliki selimut berbentuk lengkung Memiliki 8 titik sudut dan 12 rusuk.
Berdasarkan
sifat-sifat bangun ruang di atas, yang memenuhi sifat-sifat balok adalah ...
A. i,
v, vi
B. v,
vi
C. ii,
iv
D.
iii, iv
Kunci Jawaban :
B
Pembahasan
Teks :
Sifat-sifat balok sebagian sama dengan sifat
kubus. Perbedaan yang menonjol terletak pada panjang rusuknya. Rusuk kubus
memilik yaitu s, namun balok dapat memiliki panjang rusuk yang berbeda yaitu p,
l, dan t. Sehingga, sisi balok tidaklah sama ukurannya seperti Pernyataan ii
dan iv adalah sifat tabung sedangkan pernyataan iii dan iv adalah sifat
kerucut.
Skor :
1 (benar), 0 (salah)
E. Level Kognitif 5
Kompetensi Dasar : 3.6 Membandingkan
prisma, limas, tabung, kerucut,
dan bola.
Materi : Bangun ruang prisma,
limas, tabung, kerucut, dan bola
Kelas/Semester : VI/1
Indikator
Soal : Menyebutkan contoh-contoh benda
bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar.
Level Kognitif : 4 (menganalisis C4)
Soal : Ibu membeli perlengkapan rumah tangga
yaitu susu kaleng, es krim corneto, cetakan kue yang sisinya berbentuk
segitiga, telur, tudung saji yang berbentuk seperti atap rumah/tenda. Sebutkan bentuk-bentuk bangun ruang dari
berbagai macam perlengkapan dapur yang ibu beli!
Kunci :
- susu kaleng= tabung
- Es krim corneto= kerucut
- Cetakan kue yang sisinya berbentuk segitiga=
kerucut
- Telur=
bola
- Tudung
saji= limas
Skor : 5 (benar semua), 4 (salah satu), 3
(salah dua), 2 (salah 3), 1 (salah 4), 0 (salah semua)
Penjelasan: Soal
tersebut termasuk level kognitif 4 (mengetahui-C4) karena untuk menguraikan
pegetahuan yang relevan dari ingatan dan terjadi di lingkungan sekitar.
Soal
Pilihan Ganda : Dari nama-nama benda
berikut ini yang berbentuk tabung adalah .
A. Gelas
B. Roda
C. Kaleng
D. Almari
Kunci
Jawaban : C
Penjelasan : tabung merupakan bentuk
bangun ruang yang mempunyai 2 lingkaran bagian atas dan bawah dan 1 sisi
selimut dan melingkar. Jadi berdasarkan pilihan yang sesuai yaitu kaleng.
Skor :
1 (benar), 0 (salah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar