Rabu, 14 November 2018

RPP kelas VI KD 3.6 dan 4.6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

           

Satuan Pendidikan      : SDN 01 Pintar
            Kelas/ Semester           : VI/1 (Satu)
            Tema                           : Bangun Ruang
            Subtema                      : Prisma, Limas, Tabung, Kerucut, dan Bola
            Pembelajaran ke          : 1
            Muatan terpadu           : Matematika
            Alokasi Waktu            : 2x35 menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kegiatan pencarian informasi, siswa dapat menyebutkan pengertian bangun ruang.
2.      Melalui kegiatan Tanya jawab, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis  bangun ruang.
3.      Melalui kegiatan bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian bangun ruang (prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola).
4.      Melalui kegiatan menyimak, siswa dapat menentukan sifat-sifat bangun ruang (prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola).
5.      Melalui kegiatan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitarnya dengan benar.
6.      Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat membuat bangun ruang (prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola) menggunakan jarring-jaring.







C.    KOMPETENSI DASAR (KD) dan INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Membandingkan prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
3.6.1        Menyebutkan pengertian bangun ruang.
3.6.2        Menjelaskan jenis-jenis bangun ruang
3.6.3        Menjelaskan pengertian prisma, limas, tabung. Kerucut, dan balok.
3.6.4        Menentukan sifat-sifat prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
3.6.5        Menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar.
4.6 Mengidentifikasi prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
4.6.1        Membuat jarring-jaring prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Matematika: bangun ruang (prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola)
Karakter siswa yang diharapkan :       Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

E.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Gambar prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
2.      Alat peraga prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola

F.     MODEL, PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Model             : Discovery Learning
2.      Pendekatan    : Saintifik
3.      Metode           : Demonstrasi, diskusi, tanya jawab, ceramah, dan penugasan







G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Siswa mejawab salam dari guru dan melakukan kegiatan berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing sebelum pembelajaran dimulai yang dipimpin oleh ketua kelas. (religius)
2.      Siswa menyiapkan diri dengan merapikan pakaian, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. (mandiri)
3.      Siswa memperhatikan saat guru mempresensi kehadiran siswa
4.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
5.      Siswa menyimak arahan guru tentang pentingnya sikap syukur, santun, percaya diri, dan disiplin. (religius)
6.      Siswa diberi motivasi dan apersepsi oleh guru dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
a)      Tadi pagi siapa yang srapan dan minum, jika minum menggunakan gelas. Gelas berbentuk apa ?
b)      Sesampainya di sekolah masuk kelas dan ruang kelas mempunyai atap. Siapa yang tau atap kelas ini berbentuk apa ?
7.      Siswa memperhatikan guru pada saat guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
15 menit
Inti
Mengamati
8.      Guru bertanya kepada siswa mengenai bangun ruang dengan bertanya mengenai benda-benda yang ada di kelas yang sedang mereka tempati. (simulasi)
9.      Setelah itu, guru memperlihatkan kerangka bangun ruang, guru bertanya kepada siswa nama-nama bangun ruang tersebut.
Menanya
10.  Setelah memperlihatkan bangun-bangun ruang, guru bertanya kepada siswa tentang contoh nyata bentuk bangun ruang yang ada di sekitar “bagaimana bentuk atap dikelas ?, “ada berapa sisi dan rusuknya ?”, “ada yang tau nama bangun ruang dari bentuk atap tersebut apa?”. (pemberian masalah)
11.  Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dari guru.
12.  Beberapa siswa ditunjuk guru untuk menjawab pertanyaan.
13.  Guru memberikan penjelasan tentang pertanyaan yang telah diajukan kepada siswa.
14.  Guru mengulas kembali pelajaran sebelumnya.
15.  Guru bertanya jawab dengan siswa cara tentang materi yang akan disampaikan.
16.  Guru menjelaskan pengertian  bangun ruang.
17.  Siswa mengulangi pernyataan tentang pengertian bangun ruang.
18.  Guru menunjukkan gambar yang berisi prisma, limas, kerucut, bola, dan tabung.
19.  Guru menjelaskan pengertian dari masing-masing bangun ruang (limas, prisma, tabung, kerucut, dan bola).
20.  Siswa mengulang kembali pengertian dari
Mencoba
21.  Guru mengajak siswa untuk menyebutkan jenis-jenis bangun ruang dan sifat-sifatnya.
22.  Guru menunjukkan media/alat peraga prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
23.  Guru menjelaskan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar.
24.  Guru mendemonstrasikan kepada siswa tentang struktur yang membentuk bangun ruang tersebut ada sisi, rusuk, dan sudut.
25.  Guru menginsturksikan siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa.
26.  Guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk megidentifikasi sifat-sifat bangun-bangun ruang yang tertera pada lembar kerja siswa.
27.  Guru menginstruksikan kepada siswa untuk mengisi lembar kerja.
28.  Guru memberikan waktu kepada siswa untuk berdiskusi mengenai bangun ruang. Selama kegiatan berdiskusi guru memberikan bimbingan dan memfasilitasi kegiatan diskusi siswa
29.  Setelah selesai, guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
30.  Guru menggunakan kerangka bangun ruang untuk membuktikan hasil kerja dari setiap kelompok
31.  Guru memberikan tanggapan positif tentang penampilan setiap kelompok tersebut
32.  Guru menginstruksikan siswa untuk kembali duduk ke tempatnya masing-masing
33.  Guru bertanya kepada siswa tentang pemahamanya mengenai materi yang telah dipelajari
34.  Guru memberikan lembar evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan
Menalar
35.  Siswa melakukan percobaan pengamatan media/alat peraga prisma, limas, tabung, kerucut, dan balok yang telah disediakan guru secara bergantian (verifikasi)
36.  Siswa bersama anggota kelompoknya berdiskusi hasil pengamatannya.
37.  Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat jaring-jaring bangun ruang. Setiap kelompok mendapatkan 1 bentuk bangun ruang.
38.  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat jarring-jaring berdasarkan percobaan pengamatan media bangun ruang.
Mengkomunikasikan
39.  Guru meminta setiap kelompok maju untuk memresentasikan hasil bangun ruang dari jarring-jaring.
180 menit
Penutup
40.  Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini.
41.  Siswa merefleksikan diri dari materi pelajaran hari ini.
42.  Bersama siswa, guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Termasuk menekankan sikap syukur, santun percaya diri, dan disiplin.
43.  Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan di pertemuan selanjutnya.
44.  Siswa bersama dengan guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
15    menit

H.    SUMBER BELAJAR
1.      Buku pedoman Guru kelas tema: Globalisasi kelas VI (buku tematik terpadu kurikulum 2013 revisi 2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.      Buku pedoman Siswa kelas tema: Globalisasi kelas VI (buku tematik terpadu kurikulum 2013 revisi 2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Gambar prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola (sumber: google.com)

I.       PENILAIAN
1.      Lampiran penilaian sikap
No.
Nama siswa

Perubahan tingkah laku


Rasa ingin tahu
Jujur
Disiplin
Kerja sama
Tanggung
Jawab


K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1.





















2.





















3.





















Keterangan :    K         : Kurang                     
C         : Cukup
                        B         : Baik              
SB       : Sangat Baik

2.      Penilaian kognitif
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
3.6.1    Menyebutkan pengertian bangun ruang.


3.6.2   Menjelaskan jenis-jenis  bangun ruang.


3.6.3   Menjelaskan pengertian prisma, limas, tabung. Kerucut, dan balok.



3.6.4   Menentukan sifat-sifat prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.





3.6.5   Menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar.
Tes Tulis
Uraian
1.      Jelaskan pengertian bangun ruang!
Jawaban: bangun ruang adalah bangun matematika yang mempunyai isi dan volume.

2.     Sebutkan jenis-jenis bangun ruang yang kamu ketahui! (minimal 3)
Jawab: Limas, kerucut, prisma, bola, tabung

3.      Jelaskan pengertian prisma dan tabung!
Jawab: prisma (bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup). Tabung (bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran .

4.      Sebutkan sifat-fifat limas dan bola!
Jawab: limas (memiliki 8 rusuk, memiliki 5 sisi, memiliki 5 titik sudut, memiliki titik puncak yang merupakan pertemuan beberapa buah segitiga, alasnya berupa segiempat). Bola (memiliki satu sisi, tidak memiliki rusuk, titik O dinamkan titik pusat, tidak mempunyai sudut).

5.      Sebutkan conto benda bentuk bangun ruang (limas, prisma, tabung, kerucut, dan bola) di lingkungan sekitar!
Jawab: limas (piramida dan atap masjid), prisma (tenda dan atap rumah), tabung (kaleng dan celengan), kerucut (topi ulangtahun dam terompet), bola (bola basket dan bola olahraga lainnya)
            Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
3.      Penilaian Psikomotor
Tingkat
Kriteria
4
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Semua jawaban benar, sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan tugas ini
3
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Semua jawaban benar, tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
2
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan
1
Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan yang berhubungan dengan masalah ini. Ciri-ciri: Semua jawaban salah atau jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yang benar
0
Tidak ada jawaban dan lembar kerja kosong

Semarang, ………

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD…                                                             Guru Kelas


                                                                                                Eka Devi Rokmana
NIP :                                                                                       NIM. 31513518131


Evaluasi
Mata pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : VI/1
Materi Pokok              : Bangun Ruang (Limas, Prisma, Kerucut, Tabung, Bola)

Nama :
Kelas :

Latihan!
Sebutkan jenis-jenis bangun ruang yang kamu ketahui! (minimal 3)
2.      Tentukan jumlah sisi, rusuk dan sudut prisma segi lima!
3.    Sebutkan contoh bentuk bangun ruang yang ada di sekitar mu!

Kunci Jawaban!
1.      Kerucut, tabung, prisma tegak segiempat, prisma tegak segitiga, limas segiempat.
2.      Jumlah sisi = 5, Jumlah rusuk = 8, Jumlah sudut = 5
4.      Lemari, botol, bola, atap rumah, kotak tisu dll.


BAHAN AJAR BAGUN RUANG

A.           Prisma
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjFh1oBr6UbkMJLrUyu1XCImOTvwRSYOXj7fD6FTSIc1M47LD3oZdkvHH7ZXHk88HryTi6Y6kj-pnxDa7b2gT5gU-UWYsoJuSMRim9N-z8nBRlQkKHRKDxbjLst35FpXOfIAlfOPs1W7U/s1600/sifat-sifat-bangun-ruang-prisma-segi-tiga.jpg
Sifat-sifat prisma tegak segitiga:
a.       Memiliki 5 buah bidang sisi, 2 buah sisi berbentuk segitiga dan 3 buah sisi berbentuk segi empat.
b.      Mempunyai  9 rusuk.
c.       Mempunyai 6 titik sudut.
d.      Jaring-jaring prisma segitiga berupa 2 segitiga, dan 3 persegi panjang.
B.            Limas 
Limas adalah bangun ruang yang mempunyai bidang alas segi banyak dan dari bidang alas tersebut dibentuk suatu sisi berbentuk segitiga yang akan bertemu pada satu titik.
Karakteristik limas
1.      Limas Segitiga.
Sifat-sifat limas segitiga
a.       Mempunyai alas berbentuk segitiga.
b.      Mempunyai 4 bidang sisi yang seluruhnya berbentuk segitiga yaitu satu buah alas dan tiga sisi tegak.
c.       Mempunyai 6 buah rusuk.
d.      Mempunyai 4 buah titik sudut.
2.      Limas
a.       Segi empat
Description: Limas segi3
a.       Mempunyai alas berbentuk segitga.
b.      Mempunyai 4 buah bidang sisi.
c.       Mempunyai  6 buah rusuk.
d.      Mempunyai 4 titik sudut.




b.      Segi empat
Description: http://ilmuonline.net/wp-content/uploads/2013/02/limas.jpg
Sifat-sifat limas segi empat
e.       Mempunyai alas berbentuk segiempat atau persegi.
f.       Mempunyai 5 buah bidang sisi.
g.      Mempunyai  8 buah rusuk.
h.      Mempunyai 5 titik sudut.
c.       Limas Segi lima.
Sifat-sifat limas segi lima
a.       Mempunyai alas berbentuk segi lima.
b.      Mempunyai 6 bidang sisi.
c.       Mempunyai 10 buah rusuk.
d.      Mempunyai 6 buah titik sudut.
d.      Limas Segi enam
Sifat-sifat limas segi enam
a.       Mempunyai alas berbentuk segi enam
b.      Mempunyai 7 bidang sisi.
c.       Mempunyai 12 buah rusuk.
d.      Mempunyai 7 buah titik sudut.
C.            Tabung
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglhdD2yv6-g9uJMSN40xTCuZjlYPfnojWheiZ_mQ02TUfaOxsw8RUvEE6wIgEq-671FC2OUZ1xtyRtnW4KRjLnr0FY9-mVFz1-AiRmkXKGlZR-n9e90DYSzqTmQ7KwybZey5x7Rn0UV0Q/s1600/sifat-sifat-bangun-ruang-tabung.jpg
Sifat-sifat tabung
a.       Mempunyai alas dan tutup berbentuk lingkaran.
b.      Bidang tegak tabung berupa lengkungan yang disebut selimut tabung.
c.       Jarak antara lingkaran alas dan lingkaran tutup disebut tinggi tabung.
d.      Jaring-jaring tabung berupa 2 buah lingkaran dan 1 persegi panjang.




D.           Kerucut
Description: http://ilmuonline.net/wp-content/uploads/2013/02/kurucut.jpg
Sifat-sifat kerucut
a.       Mempunyai 2 buah bidang sisi yaitu 1 sisi alas berbentuk lingkaran dan 1 sisi berbentuk lengkung.
b.      Tidak mempunyai rusuk namun mempunyai sisi berbentuk lengkung yang disebut selimut kerucut. 
c.       Mempunyai 1 titik sudut.
d.      Jaring-jaring kerucut terdiri dari lingkaran dan segi tiga.
E.            Bola
Description: http://ilmuonline.net/wp-content/uploads/2013/02/bola.jpg
Sifat-sifat bola
a.       Tidak mempunyai sudut dan juga rusuk.
b.      Hanya mempunyai satu buah bidang yang disebut dinding bola dan 1 titik pusat.
c.       Jarak dinding ke titik pusat bola disebut jari-jari.
d.      Jarak dinding ke dinding dan melewati titik pusat disebut diameter.


PENYUSUSNAN SOAL HOTS

A.    Level Kognitif 1
Kompetensi Dasar       : 3.6 Membandingkan prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
            Materi                          : Bangun ruang prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
            Kelas/Semester            : VI/1
            Indikator Soal             : Menyebutkan pengertian bangun ruang
            Level Kognitif                        : 1 (mengetahui C1)

            Soal     : Jelaskan pengertian dari prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola berdasarkan   diskripsi bangun tersebut!
            Kunci  :  -  prisma: bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang mempunyai ukuran panjang dan lebar
-     limas: bangun yang dibatasi oleh sisi yang berbentuk segitiga
-     kerucut : bangun yang dibatasi oleh alas yang berbentuk lingkaran dan selimut yang berbentuk lengkung
-     tabung: bangun yang dibatasi oleh sisi lengkung dan buah lingkaran
-     bola: bangun yang dibatasi oleh sisi lengkung
            Skor       : 5 (benar semua), 4 (salah satu), 3 (salah dua), 2 (salah 3), 1 (salah 4), 0 (salah semua)
Penjelasan: Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (mengetahui-C1) karena mengukur pengetahuan yang relevan dari ingatan.

            Soal Pilihan Ganda     : Bangun ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung. Dari pernyataan  tersebut merupakan pengertian dari bangun ruang....
                                                 A. Bola
B. Tabung
C. Kerucut
D. Limas
            Kunci Jawaban            : A
            Penjelasan                    : bola adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung
Skor                             : 1 (benar), 0 (salah)

B.     Level Kognitif 2
Kompetensi Dasar       : 3.6 Membandingkan prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
            Materi                          : Bangun ruang prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
            Kelas/Semester            : VI/1
Indikator Soal             : Menjelaskan jenis-jenis bangun ruang
            Level Kognitif                        : 2 (memahami C2)

            Soal     : Bagun ruang limas, prisma, kerucut, tabung, dab bola. Sebutkan perbedaan dari bangun ruang tersebut!
            Kunci  :  -  limas mempunyai bidang alas segi banyak dan dari bidang alas tersebut   dibentuk suatu sisi berbentuk segitiga yang akan bertemu pada satu titik. Macam-macam limas ada limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, limas segi enam.
-     Kerucut mempunyai karakteristik seperti topi yang mempunyai alas lingkaran dan satu bidang sisi biasa disebut seimut kerucut.
-     Prisma mempunyai karakteristik seperti atap rumah. dimana ada 2 segitiga bagian ujung dan segi empat bagian bawah dan sisi depan-belakang.
-     Bola berbentuk bulat tetapi mempunyai sifat 3 dimensi
-     Tabung mempunyai 2 lingkaran dan 1 sisi yang biasa disebut selimut tabung. Berdasarkan ciri-cirinya hampir sama dengan kerucut tetapi keucut mempunyai 1 lingkaran dan satu titik, dan tabung tidak mempunyai titik.
            Skor     : 5 (benar semua), 4 (salah satu), 3 (salah dua), 2 (salah 3), 1 (salah 4), 0 (salah     semua)
            Penjelasan: Soal tersebut termasuk level kognitif 2 (mengetahui-C2) karena untuk memahami dan menjelaskan pegetahuan yang relevan dari ingatan dan terjadi di lingkungan sekitar.

            Soal Pilihan Ganda     : Berikut adalah macam-macam bangun ruang yaitu....
                                                 A. Bola, tabung, dan segitiga
B. Tabung, limas, dan lingkaran
C. Kerucut, balok, dan prisma  
D. Limas, bola, dan prisma
            Kunci Jawaban            : D
            Penjelasan                    : macam-macam bangun ruang yaitu bola, kerucut, limas, tabung, prisma, balok, kubus
Skor                             : 1 (benar), 0 (salah)

C.    Level Kognitif 3
Kompetensi Dasar       : 3.6 Membandingkan prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
            Materi                          : Bangun ruang prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
            Kelas/Semester            : VI/1
Indikator Soal             : Menjelaskan jenis-jenis bangun ruang
            Level Kognitif                        : 2 (memahami C2)

            Soal     : Bagun ruang limas, prisma, kerucut, tabung, dab bola. Sebutkan perbedaan dari bangun ruang tersebut!
            Kunci  :  -  limas mempunyai bidang alas segi banyak dan dari bidang alas tersebut   dibentuk suatu sisi berbentuk segitiga yang akan bertemu pada satu titik. Macam-macam limas ada limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, limas segi enam.
-     Kerucut mempunyai karakteristik seperti topi yang mempunyai alas lingkaran dan satu bidang sisi biasa disebut seimut kerucut.
-     Prisma mempunyai karakteristik seperti atap rumah. dimana ada 2 segitiga bagian ujung dan segi empat bagian bawah dan sisi depan-belakang.
-     Bola berbentuk bulat tetapi mempunyai sifat 3 dimensi
-     Tabung mempunyai 2 lingkaran dan 1 sisi yang biasa disebut selimut tabung. Berdasarkan ciri-cirinya hampir sama dengan kerucut tetapi keucut mempunyai 1 lingkaran dan satu titik, dan tabung tidak mempunyai titik.
            Skor     : 5 (benar semua), 4 (salah satu), 3 (salah dua), 2 (salah 3), 1 (salah 4), 0 (salah     semua)
            Penjelasan: Soal tersebut termasuk level kognitif 2 (mengetahui-C2) karena untuk memahami dan menjelaskan pegetahuan yang relevan dari ingatan dan terjadi di lingkungan sekitar.

Soal Pilihan Ganda     : Bangun prisma segitiga adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ....
A. 2 segitiga dan 3  persegi panjang
B. 2 Persegi dan 3 persegi panjang
C. 1 lingkaran dan 3 segitiga
D. 3 persegi panjang dan 1 lingkaran
            Kunci Jawaban            : A
            Penjelasan                    : prisma segitiga terbentuk dari 2 segitiga dan 3 persegi panjang
Skor                             : 1 (benar), 0 (salah)

D.    Level Kognitif 4
Kompetensi Dasar       : 3.6 Membandingkan prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
            Materi                          : Bangun ruang prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
            Kelas/Semester            : VI/1
Indikator Soal             : Menentukan sifat-sifat prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
            Level Kognitif                        : 3 (mengaplikasikan C3)

Soal Uraian     : Perhatikan sifat-sifat bangun ruang berikut: mempunyai 2 buah bidang  sisi yaitu 1 sisi alas berbentuk lingkaran dan 1 sisi berbentuk lengkung, idak mempunyai rusuk namun mempunyai sisi berbentuk lengkung yang disebut selimut kerucut. Pada penjelasan sifat tersebut merupakan bentuk bangun ruang apa dan contoh benda yang ada dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan sifat tersebut.
            Kunci              :  bentuk bangun ruang kerucut dan contohnya topi ulang tahun, cup es krim, tumpeng
Penjelasan        : Soal tersebut termasuk level kognitif 3 (mengaplikasikan-C3) untuk  menjalankan atau mengimplementasikan pengetahuan yang relevan dari ingatan.
Skor                 : 1 (benar), 0 (salah)

Soal Pilihan Ganda    : Berikut adalah sifat-sifat bangun ruang:
i. Memiliki 6 sisi berbentuk segiempat,
ii. Memiliki titik puncak atas
iii. Memiliki 6 sisi yang sama atau kongruen
iv. Memiliki sisi alas dan tutup berbentuk lingkaran Memiliki sisi
v. Memiliki selimut berbentuk lengkung Memiliki 8 titik sudut dan           12 rusuk.
Berdasarkan sifat-sifat bangun ruang di atas, yang memenuhi sifat-sifat balok adalah ...


A. i, v, vi
B. v, vi
C. ii, iv
D. iii, iv
Kunci Jawaban            : B
Pembahasan Teks : Sifat-sifat balok sebagian sama dengan sifat kubus. Perbedaan yang menonjol terletak pada panjang rusuknya. Rusuk kubus memilik yaitu s, namun balok dapat memiliki panjang rusuk yang berbeda yaitu p, l, dan t. Sehingga, sisi balok tidaklah sama ukurannya seperti Pernyataan ii dan iv adalah sifat tabung sedangkan pernyataan iii dan iv adalah sifat kerucut.
Skor                             : 1 (benar), 0 (salah)

E.     Level Kognitif 5
Kompetensi Dasar       : 3.6 Membandingkan prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
            Materi                          : Bangun ruang prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola
            Kelas/Semester            : VI/1
Indikator Soal             : Menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar.
            Level Kognitif                        : 4 (menganalisis C4)


            Soal     : Ibu membeli perlengkapan rumah tangga yaitu susu kaleng, es krim corneto, cetakan kue yang sisinya berbentuk segitiga, telur, tudung saji yang berbentuk seperti atap rumah/tenda.   Sebutkan bentuk-bentuk bangun ruang dari berbagai macam perlengkapan dapur yang ibu beli!
            Kunci  :  -  susu kaleng= tabung
-     Es krim corneto= kerucut
-     Cetakan kue yang sisinya berbentuk segitiga= kerucut
-     Telur= bola
-     Tudung saji= limas
            Skor       : 5 (benar semua), 4 (salah satu), 3 (salah dua), 2 (salah 3), 1 (salah 4), 0 (salah   semua)
            Penjelasan: Soal tersebut termasuk level kognitif 4 (mengetahui-C4) karena untuk menguraikan pegetahuan yang relevan dari ingatan dan terjadi di lingkungan sekitar.

            Soal Pilihan Ganda     : Dari nama-nama benda berikut ini yang berbentuk tabung adalah .
A. Gelas
B. Roda
C. Kaleng
D. Almari
            Kunci Jawaban            : C
            Penjelasan                    : tabung merupakan bentuk bangun ruang yang mempunyai 2 lingkaran bagian atas dan bawah dan 1 sisi selimut dan melingkar. Jadi berdasarkan pilihan yang sesuai yaitu kaleng.
Skor                             : 1 (benar), 0 (salah)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar